Jurnal Refleksi Dwimingguan MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
Jurnal Refleksi Dwimingguan
MODUL 3.2
PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
Oleh:
AHMAD HADZIQ ZAKA
CGP Angkatan 5 Kabupaten Semarang
Minggu 23 Oktober 2022 kegiatan pendidikan CGP
Angkatan 5 memasuki modul 3.2 dengan judul “ Pemimpin
pembelajaran dalam pengembangan sekolah”. Sekilas dari judul tersirat akan
materi yang dipelajari adalah tentang kinerja sebagai seorang pemimpin pembelajaran memandang potensi sumber daya yang
dimiliki sekolah, modul ini akan mengajak untuk senantiasa melihat sumber
daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran
yang berpihak pada murid.
Tahapan
mulai dari diri sendiri ku mulai pada hari Rabu, 24 Oktober 2022. Di tahap
ini diminta menjawab pertanyaan yang
bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah
dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Menganalisis
bagian-bagian sekolah dimana saya bertugas, mana yang menjadi sumber daya yang
dapat dimanfaatkan oleh sekolah? merefleksikan sosok pemimpin terkait perannya
dalam ekosistem sekoal, sosok pemimpin yang ideal, dan posisi diri di ekosistem
sekolah.
Pada tahap eksplorasi konsep yang
dilaksanakan secara mandiri, mendapatkan penguatan tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi ekosistem sekolah, membedakan pendekatan yang berbasis asset dan
pendekatan berbasis masalah, pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah dengan
menggunakan pendekatan berbasis asset, dan membedakan tujuh asset utama yang
dimiliki lingkungan sekolah. Pada sesi ini saya melakukan eksplorasi mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang
sekolah sebagai ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan pendekatan
berbasis asset, Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah
komunitas. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi
bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi.
Pada sesi ruang kolaborasi sesi 1
dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 mulai pukul 18.30 sampai dengan
21.00 WIB bersapa maya dengan fasilitator
(Sahroni), pengajar praktik (Eka Yudha), dan rekan CGP
kelompok 5 Kabupaten Semarang yang tergabung dalam kelas 05.079 F mendapatkan
pencerahan dan refresh kembali materi dalam modul 3.2 “Pemimpin dalam
pengelolaan sumber daya”
Di
sesi 1 ruang kolaborasi membentuk kelompok yang terdiri atas guru dengan
jenjang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tiap
kelompok mendapatkan tugas untuk membuat identifikasi asset/modal apa yang
dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa
Sabtu,
15 Oktober 2022 berlanjut ruang kolaborasi sesi
2. Kegiatan pada sesi ini berupa presentasi hasil diskusi kelompok. Diskusi
berjalan lancar dan mendapatkan m atau bagaiamana memanfaatkannya. Hasil
diskusi disepakati sekolah dimana saya bertugas menjadi objek pembahasan sumber
daya.
Pada ruang kolaborasi sesi kedua
yang dilaksanakan pada hari kamis, 27 Oktober 2022 berupa pemaparan hasil
diskusi sesi satu tentang identifikasi asset / modal SMP Negeri 1 Suruh.
Kelompok lain memberikan umpan balik terhadap pemaparan yang telah disampaikan.
Umpan balik yang diberikan berdasarkan hal paling menarik yang ditemukan, hal
yang paling ingin diketahui, dan hal yang mungkin sangat tidak berhubungan
dengan asset sumber yang sedang didiskusikan. Sehubungan dengan pilihan asset
dari sekolah tempat tugas saya, maka ini adalah nilai positif bagi saya, karena
ada umpan balik dari rekan CGP yang dapat saya manfaatkan untuk berbagi ke
rekan sejawat di sekolah.
Setelah ruang kolaborasi selesai dan
sudah mengunggah hasil diskusi kelompok tentang kasus asset sekolah yang
dimiliki dan yang akan dikembangkan dilanjutkan dengan sesi demontrasi
kontektual. Di sesi ini mendapatkan tugas untuk menganalisis tentang visi dan
prakarsa perubahan dari video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan
sumber daya sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran murid. Analisis video dikaitkan dengan pengetahuan
visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA.
Pada sesi elaborasi pemahaman
dilaksanakan secara virtual yang didampingi oleh instruktur Sesi elaborasi dilaksanakan Senin, 31
Oktober 2022 dari 15.30 s.d 17.00 WIB
dengan instruktur ibu Dwi Setyawati Hilga, S.Pd. Pada vicon saya dapat
mengelaborasi pemahaman tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui proses
tanya jawab dan diskusi dengan istruktur. Disinilah penguatan dan pencerahan akan materi
modul 3.2 saya alami.
Sesi koneksi antar materi pada modul
3.2 berupa membuat hubungan antara materi yang sudah dipelajari dari modul 1.1
sampai ke modul 3.2. Disini saya menceritakan bagaimana hubungan anatar sebelum
dan sesudah mempelajari modul 3.2 ini, membuat kesimpulan tentang apa yang
dimaksud dengan pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya dan
bagaimana saya bias mengimplementasikannya di kelas, sekolah, dan masyarakat
sekitar sekolah.
Pada aksi nyata mendapatkan tugas
untuk mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang
asset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah. Kegiatan kolaboratif ini saya
inisiasi pada hari senin tanggal 21 Nopember 2022. Kegiatan aksi nyata
melibatkan semua guru karyawan, komite, wakil guru, dan pengurus OSIS. Disini
muncul ide-ide baru yang kreatif dari segenap warga . Pada forum inilah
tumbuhnya kesadaran bahwa pentingnya duduk bersama menyamakan persepsi untuk
membangun sekolah yang lebih baik.
Komentar
Posting Komentar