Jurnal Refleksi Dwimingguan MODUL 3.2 PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

 

Jurnal Refleksi Dwimingguan

MODUL 3.2

PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA

Oleh:

AHMAD HADZIQ ZAKA

CGP Angkatan 5 Kabupaten Semarang

 

 

Minggu 23 Oktober 2022 kegiatan pendidikan CGP Angkatan 5 memasuki modul 3.2 dengan judul “ Pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah”. Sekilas dari judul tersirat akan materi yang dipelajari adalah tentang kinerja sebagai seorang pemimpin pembelajaran memandang potensi sumber daya yang dimiliki sekolah,  modul ini akan mengajak untuk senantiasa melihat sumber daya sebagai aset/kekuatan yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang berpihak pada murid.  

Tahapan mulai dari diri sendiri ku mulai pada hari Rabu, 24 Oktober 2022. Di tahap ini  diminta menjawab pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Menganalisis bagian-bagian sekolah dimana saya bertugas, mana yang menjadi sumber daya yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah? merefleksikan sosok pemimpin terkait perannya dalam ekosistem sekoal, sosok pemimpin yang ideal, dan posisi diri di ekosistem sekolah.

Pada tahap eksplorasi konsep yang dilaksanakan secara mandiri, mendapatkan penguatan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekosistem sekolah, membedakan pendekatan yang berbasis asset dan pendekatan berbasis masalah, pengelolaan sumber daya yang ada di sekolah dengan menggunakan pendekatan berbasis asset, dan membedakan tujuh asset utama yang dimiliki lingkungan sekolah. Pada sesi ini saya melakukan eksplorasi  mandiri dengan menelaah konsep dasar tentang sekolah sebagai ekosistem, pendekatan berbasis kekurangan dan pendekatan berbasis asset, Sejarah Singkat Pendekatan Asset-Based Community Development, dan aset-aset dalam sebuah komunitas. Aktivitas setelah membaca mandiri dilanjutkan dengan berdiskusi bersama dengan CGP lainnya pada Forum Diskusi.

Pada sesi ruang kolaborasi sesi 1 dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 mulai pukul 18.30 sampai dengan 21.00  WIB bersapa maya dengan fasilitator (Sahroni), pengajar praktik (Eka Yudha), dan rekan CGP kelompok 5 Kabupaten Semarang yang tergabung dalam kelas 05.079 F mendapatkan pencerahan dan refresh kembali materi dalam modul 3.2 “Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya”

Di sesi 1 ruang kolaborasi membentuk kelompok yang terdiri atas guru dengan jenjang berbeda namun berasal dari daerah yang sama atau berdekatan. Tiap kelompok mendapatkan tugas untuk membuat identifikasi asset/modal apa yang dimiliki oleh daerahnya dan menuliskan apa

Sabtu, 15 Oktober 2022 berlanjut ruang kolaborasi sesi 2. Kegiatan pada sesi ini berupa presentasi hasil diskusi kelompok. Diskusi berjalan lancar dan mendapatkan m atau bagaiamana memanfaatkannya. Hasil diskusi disepakati sekolah dimana saya bertugas menjadi objek pembahasan sumber daya.

Pada ruang kolaborasi sesi kedua yang dilaksanakan pada hari kamis, 27 Oktober 2022 berupa pemaparan hasil diskusi sesi satu tentang identifikasi asset / modal SMP Negeri 1 Suruh. Kelompok lain memberikan umpan balik terhadap pemaparan yang telah disampaikan. Umpan balik yang diberikan berdasarkan hal paling menarik yang ditemukan, hal yang paling ingin diketahui, dan hal yang mungkin sangat tidak berhubungan dengan asset sumber yang sedang didiskusikan. Sehubungan dengan pilihan asset dari sekolah tempat tugas saya, maka ini adalah nilai positif bagi saya, karena ada umpan balik dari rekan CGP yang dapat saya manfaatkan untuk berbagi ke rekan sejawat di sekolah.

Setelah ruang kolaborasi selesai dan sudah mengunggah hasil diskusi kelompok tentang kasus asset sekolah yang dimiliki dan yang akan dikembangkan dilanjutkan dengan sesi demontrasi kontektual. Di sesi ini mendapatkan tugas untuk menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran murid.  Analisis video dikaitkan dengan pengetahuan visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA.

Pada sesi elaborasi pemahaman dilaksanakan secara virtual yang didampingi oleh instruktur  Sesi elaborasi dilaksanakan Senin, 31 Oktober  2022 dari 15.30 s.d 17.00 WIB dengan instruktur ibu Dwi Setyawati Hilga, S.Pd. Pada vicon saya dapat mengelaborasi pemahaman tentang strategi pengelolaan sumber daya melalui proses tanya jawab dan diskusi dengan istruktur.  Disinilah penguatan dan pencerahan akan materi modul 3.2 saya alami.

Sesi koneksi antar materi pada modul 3.2 berupa membuat hubungan antara materi yang sudah dipelajari dari modul 1.1 sampai ke modul 3.2. Disini saya menceritakan bagaimana hubungan anatar sebelum dan sesudah mempelajari modul 3.2 ini, membuat kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya dan bagaimana saya bias mengimplementasikannya di kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.

Pada aksi nyata mendapatkan tugas untuk mengidentifikasi secara kolaboratif bersama warga sekolah lainnya tentang asset/kekuatan/sumber daya yang dimiliki sekolah. Kegiatan kolaboratif ini saya inisiasi pada hari senin tanggal 21 Nopember 2022. Kegiatan aksi nyata melibatkan semua guru karyawan, komite, wakil guru, dan pengurus OSIS. Disini muncul ide-ide baru yang kreatif dari segenap warga . Pada forum inilah tumbuhnya kesadaran bahwa pentingnya duduk bersama menyamakan persepsi untuk membangun sekolah yang lebih baik.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Sunan Kalijogo di desa Jatirejo Suruh kabupaten Semarang

Catatan Lokakarya Orientasi Program Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Semarang

Cerita Pengayaan Sains Floem Bikin Galau (kasus mencangkok)