Catatan Kegiatan

 

Lokakarya 1

Kelas A

Program Guru Penggerak

Angkatan 10 Kab. Semarang




 

Lokakarya 1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan X Kabupaten Semarang dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2024 di SMP Negeri 2 Ungaran yang beralamat di jalan letjend Suprapto No 65, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Lokakarya 1 Program Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Semarang diikuti oleh 188 CGP yang terbagi dalam 11 kelas. Dari kelas A sampai kelas J didampingi oleh 3 pengajar praktik. Untuk kelas K didampingi 2 pengajar praktik. Kelas A terdiri dari 17 CGP. Di kelas ini saya (Ahmad Hadziq Zaka) bertugas sebagai pengajar praktik bersama  ibu Pebriana Rini Raharjo dan ibu Nelly Ivva Ruhaina.

Aktivitas lokakarya pertama dimulai teapat pukul 08.00 WIB dengan kegiatan awal berupa perkenalan diri, ice breaking dan membuat kesepakatan kelas. Kegiatan selanjutnya adalah game kepemimpinan dalam diri dengan aktivitas mencari bola secara berkelompok dengan ditutup matanya. Setelah game kepemimpinan dalam diri, PP mengajak CGP berdiskusi nilai, peran, dan kompetensi guru penggerak serta permasalahan yang dihadapi selama 1 bulan mengikuti PPGP. Aktivitas berikutnya adalah diskusi komunitas praktisi. Setelah memahami konsep komunitas praktisi kemudian PP mengajak CGP mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi yang ada di sekitar CGP dengan mengisi lembar kerja yang sudah tersedia.  Sesi selanjutnya diskusi peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi. CGP berdiskusi secara berkelompok untuk memahami apa peran guru penggerak untuk menggerakkan komunitas praktisi. Aktifitas selanjutnya adalah diskusi CGP untuk mengoptimalkan dampak komunitas praktisi di satuan pendidikan.

Setelah rangkaian kegiatan lokakarya pertama dilaksanakan menghasilkan produk berupa:

1.     Kesepakatan kelas

2.     Lembar identifikasi komunitas praktisi di sekitar

3.     Lembar pemetaan  komunitas praktisi dan kebermanfaatannya.

4.     Lembar peran diri dalam menggerakkan komunitas praktisi.

5.     Plano nilai, peran dan kompetensi guru penggerak

6.     Plano diskusi komunitas praktisi

 

 Ketercapaian Tujuan Pembelajaran bisa tercapai terbukti dengan

1.     Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peran, nilai, serta kompetensi guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran.

2.     Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan pengertian dan arti penting komunitas praktisi.

3.     Calon Guru Penggerak dapat membuat pemetaan komunitas praktisi di daerahnya.

4.     Calon Guru Penggerak dapat mendeskripsikan peran guru penggerak di dalam komunitas praktisi.

5.     Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan 3 Ide Besar untuk optimalisasi dampak komunitas praktisi di satuan pendidikan.

 

Kesimpulan kegiatan lokakarya 1 PPGP Angkatan X Kabupaten Semarang berjalan dengan lancar dan sesuai perencanaan. Tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Di akhir kegiatan CGP mampu memetaan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mengoptimalkan perannya sebagai guru penggerak.

Refleksi pembelajaran

Lokakarya 1 telah berjalan sesuai panduan moderasi lokakarya 1. Tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai target. Materi dan diskusi bisa diikuti CGP dengan baik. Pengajar praktik dan juga peserta/CGP menjalankan aktifitas lokakarya dengan bahagia dan senang. Berasa sejenak relaksasi dari rutinitas dan upgrading kompetensi diri. Antusiasme dan peran aktif CGP terjalin selama sesi lokakarya 1 berlangsung. Pengajar praktik bisa belajar lebih memantapkan diri dalam kegiatan sehingga akan menjadi lebih siap untuk memfasilitasi lokakarya selanjutnya. Untuk ke depan, kami pengajar praktik akan berusaha lebih siap dan semangat dalam memfasilitasi kegiatan lokakarya bersama CGP.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Sunan Kalijogo di desa Jatirejo Suruh kabupaten Semarang

Catatan Lokakarya Orientasi Program Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Semarang

Cerita Pengayaan Sains Floem Bikin Galau (kasus mencangkok)