Catatan Kegiatan
Lokakarya 1
Kelas A
Program Guru Penggerak
Angkatan 10 Kab. Semarang
Lokakarya 1 Pendidikan Guru Penggerak Angkatan X
Kabupaten Semarang dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2024 di SMP Negeri 2
Ungaran yang beralamat di jalan letjend Suprapto No 65, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Lokakarya 1 Program Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Semarang diikuti
oleh 188 CGP yang terbagi dalam 11 kelas. Dari kelas A sampai kelas J didampingi
oleh 3 pengajar praktik. Untuk kelas K didampingi 2 pengajar praktik. Kelas A
terdiri dari 17 CGP. Di kelas ini saya (Ahmad Hadziq Zaka) bertugas sebagai
pengajar praktik bersama ibu Pebriana
Rini Raharjo dan ibu Nelly Ivva Ruhaina.
Aktivitas lokakarya pertama dimulai teapat pukul 08.00
WIB dengan kegiatan awal berupa perkenalan diri, ice breaking dan membuat
kesepakatan kelas. Kegiatan selanjutnya adalah game kepemimpinan dalam diri
dengan aktivitas mencari bola secara berkelompok dengan ditutup matanya. Setelah
game kepemimpinan dalam diri, PP mengajak CGP berdiskusi nilai, peran, dan
kompetensi guru penggerak serta permasalahan yang dihadapi selama 1 bulan
mengikuti PPGP. Aktivitas berikutnya adalah diskusi komunitas praktisi. Setelah
memahami konsep komunitas praktisi kemudian PP mengajak CGP mengidentifikasi
dan memetakan komunitas praktisi yang ada di sekitar CGP dengan mengisi lembar
kerja yang sudah tersedia. Sesi
selanjutnya diskusi peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi.
CGP berdiskusi secara berkelompok untuk memahami apa peran guru penggerak untuk
menggerakkan komunitas praktisi. Aktifitas selanjutnya adalah diskusi CGP untuk
mengoptimalkan dampak komunitas praktisi di satuan pendidikan.
Setelah rangkaian kegiatan lokakarya pertama
dilaksanakan menghasilkan produk berupa:
1. Kesepakatan
kelas
2. Lembar
identifikasi komunitas praktisi di sekitar
3. Lembar
pemetaan komunitas praktisi dan
kebermanfaatannya.
4. Lembar
peran diri dalam menggerakkan komunitas praktisi.
5. Plano
nilai, peran dan kompetensi guru penggerak
6. Plano
diskusi komunitas praktisi
1.
Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan peran, nilai, serta kompetensi guru penggerak sebagai pemimpin pembelajaran.
2.
Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan pengertian dan arti penting
komunitas praktisi.
3.
Calon Guru Penggerak dapat
membuat pemetaan komunitas
praktisi di daerahnya.
4.
Calon Guru Penggerak dapat mendeskripsikan peran
guru penggerak di dalam komunitas
praktisi.
5.
Calon Guru Penggerak dapat menjelaskan 3 Ide Besar untuk optimalisasi dampak komunitas praktisi di satuan
pendidikan.
Kesimpulan kegiatan lokakarya 1 PPGP Angkatan X
Kabupaten Semarang berjalan dengan lancar dan sesuai perencanaan. Tujuan
pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Di akhir kegiatan CGP mampu memetaan komunitas praktisi yang sudah ada untuk mengoptimalkan perannya sebagai guru
penggerak.
Refleksi
pembelajaran
Lokakarya 1 telah berjalan sesuai panduan moderasi lokakarya
1. Tujuan pembelajaran bisa tercapai sesuai target. Materi dan diskusi bisa
diikuti CGP dengan baik. Pengajar praktik dan juga peserta/CGP menjalankan
aktifitas lokakarya dengan bahagia dan senang. Berasa sejenak relaksasi dari
rutinitas dan upgrading kompetensi diri. Antusiasme dan peran aktif CGP terjalin
selama sesi lokakarya 1 berlangsung. Pengajar praktik bisa belajar lebih
memantapkan diri dalam kegiatan sehingga akan menjadi lebih siap untuk
memfasilitasi lokakarya selanjutnya. Untuk ke depan, kami pengajar praktik akan
berusaha lebih siap dan semangat dalam memfasilitasi kegiatan lokakarya bersama
CGP.
Komentar
Posting Komentar